Logical Connectives

Jika atom-atom akan dikombinasikan untuk memperoleh proposisi baru maka diperlukan operator logika atau operator sambung yang dilambangkan dng simbol :

 1) Negasi (not)

Jika p sebarang proposisi, pernyataan “not p” atau “negasi dp p” akan bernilai F jika p bernilai T dan sebaliknya. Dan ditulis dengan

 2) Konjungsi/conjunction (and)

Konjungsi adalah suatu operator binary atau diadika (diadic). Jikap dan q suatu proposisi, pernyataan  p  and  q  akan bernilai kebenaran T jika dan hanya jika kedua p dan q mempunyai nilai kebenaran T, dan ditulis dengan

dimana operatornya terletak diantara kedua variabel (operand) tsb dan mempunyai tabel kebenaran seperti terlihat pada slide berikut :

Bentuk terakhir ini hanya dapat digunakan hanya untuk fungsi dua variabel

Perhatikan bahwa untuk kalimat “Benda ini berwarna merah” dan “Benda ini berwarna putih” jika digandeng dengan “and” maka berbunyi “Benda ini berwarna merah “and” putih” yang artinya lain dengan “Benda ini berwarna merah and Benda ini berwarna putih”, jelaskan !!

Operand daripada suatu kunjungsi juga disebut dng conjunct.

3) Disjungsi (or)

Disjungsi yang juga ada yang menyebut dengan alternatif yang bersesuaian dengan bentuk  “ Salah satu dari … atau ….” (“Either.. Or..) . Pernyataan “p or q” bernilai T jika dan hanya jika salah satu p atau q (atau keduanya) bernilai T, dan ditulis :

dan mempunyai tabel kebenaran seperti pada slide berikut. 

Perhatikan bahwa terdapat dua pengertian or yaitu “inclusif or” dan “exclusive or”.

Sebagai contoh : “Pintu rumah terbuka” or “jendela rumah terbuka”. Hal tersebut dapat keduanya

Suta pergi kekantor naik becak” or “Suta pergi kekantor naik angkot”. Hal tersebut tidak mungkin keduanya.

Contoh pertama “or inclusive” dan  disimbolkan dengan  v

4) Implikasi (Implication)

Arti dp pernyataan “If p then q” atau “p implies q” atau “q if p” atau “p hanya jika q”  atau  “q sarat perlu untuk p” atau  “p sarat cukup untuk q”  adalah T jika salah satu dari p bernilai T dan q bernilai T atau jika p bernilai F. Jika tidak demikian, yaitu p bernilai T dan q bernilai F, maka nilai F. Ditulis :

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *